Minggu, 24 Januari 2010

Budaya Indonesia di Dunia Internasional

Indonesia adalah salah satu negara terbesar didunia ini. Karena itu Indonesia mempunyai banyak keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Budaya Indonesia di dunia internasional mungkin banyak dikenal luas, mulai dari budaya kebaya, batik dan budaya keramahtamahan yang di tunjukan oleh masyarakat indonesia dan beberapa budaya lainnya yang sangat membanggakan bangsa indonesia.

Budaya Indonesia yang khas dan tak terhitung jumlahnya kadangkala membuat kita tidak menyadari bahwa ada beberapa budaya kita yang di akui oleh negara lain seperti masalah tahun lalu dengan negara Malaysia yang dikira mengklaim kebudayaan kita, yaitu wayang kulit, keris, batik, lagu Rasa Sayange, reog ponorogo dan tari pendet. Yang sekarang akhirnya 6 kebudayaan Indonesia tersebut diakui secara Internasional dan mendapat pengakuan juga oleh UNESCO. Dan semestinya sekarang kita sebagai masyarakat Indonesia mau mempelajari semua budaya bangsa Indonesia, menjaganya agar tidak lagi diambil oleh negara lain dan melestarikannya.

Agar kebudayaan Indonesia tidak diklaim lagi dan juga dikenal oleh negara-negara lain adalah dengan lebih mengenalkan budaya Indonesia pada dunia Internasional , pemerintah yang diwakilkan oleh Kedubes Indonesia melakukan kegiatan pertunjukkan atau festival kebudayaan Indonesia berupa kesenian tari daerah Indonesia dan kebudayaan lainnya yang menjadi ciri khas negara Indonesia. Hasilnya cukup membanggakan karna banyak turis asing yang tertarik untuk mempelajari dan lebih mengenal kebudayaan Indonesia, bukan itu saja banyak turis asing yang mengunjungi Indonesia dan itu akan mendatangkan devisa bagi Indonesia. Untuk itu kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia yang kaya akan kebudayaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar